23 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri di JIS, Anies: Ini Adalah Kemenangan

Iklan Semua Halaman

23 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri di JIS, Anies: Ini Adalah Kemenangan

Mahmud Thorif
Kamis, 05 Mei 2022


Sebanyak 23 ribu jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium atau JIS, pada hari Senin (2/5/2022). Warga Jakarta berduyun-duyun menghadiri penutupan penghujung bulan Ramadhan ini dengan menghadirkan khotib shalat KH Cholil Nafis, Ketua MUI Pusat.

“Shalat ldul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) pagi ini dihadiri 23 ribu jamaah. Berlokasi di sepanjang ramp Barat, concourse Barat dan sebagian concourse Utara serta Selatan,” demikian kutipan resmi akun intagram @jakintstadium.

Shalat yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ini untuk pertama kalinya dilakukan, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi musibah pandemi Covid-19. “Untuk pertama kalinya, shalat Id diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS), pada Senin (2/5),” kutip pernuataan resmi Pemprov DKI.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri pelaksanaan shalat Idul Fitri bersama jajarannya, di mana seminggu sebelumnya telah dilakukan kajian serta memiliki dasar bayan (penjelasan) dari MUI Pusat bahwa penyelenggaraan tersebut telah sesuai dengan kaifiat. Sebelum dilaksanakannya shalat Id, Gubernur Anies dalam sambutannya mengapresiasi para tenaga kesehatan serta satgas Covid-19, khususnya di Jakarta.

Hal ini lantaran atas pengabdian para tenaga kesehatan dan satgas Covid-19 dalam mengupayakan keselamatan warga dari pandemi, kesempatan melaksanakan ibadah shalat Id pada tahun ini dengan perasaan yang bahagia dapat terselenggara.

“Di hari yang penuh kemenangan dan fitri ini, kita juga berbahagia dapat melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) yang berkonsep ‘Stadion Kita’. Artinya, stadion dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia secara luas,” ujar Gubernur Anies, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Seperti yang diketahui, JIS merupakan venue yang multiguna, yakni selain sebagai fasilitas olahraga, juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat diselenggarakannya ibadah keagamaan seperti pada Hari Raya Idul Fitri ini, kegiatan seni dan budaya, hingga tempat berkumpul dan berinteraksi yang nyaman untuk masyarakat.

Untuk diketahui pula, JIS didesain untuk memudahkan shalat karena garis area persimpangan lantai plaza (concourse) telah  sesuai dengan arah kiblat dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat shalat berjamaah seperti yang dilakukan pagi ini.  “JIS sebuah infrastruktur hasil karya arsitektur anak bangsa yang inovatif, berstandar internasional, berwawasan lingkungan, dan merefleksikan masyarakat Indonesia, serta menegaskan Jakarta sebagai kota global. Kota megapolitan terbesar di belahan bumi selatan, kota yang memiliki banyak kejadian sejarah penting bagi bangsa ini, dan memberikan masa depan untuk menciptakan sejarah-sejarah penting berikutnya, Insya Allah,” jelas Gubernur Anies.

“Di mahakarya kota ini, telah menggema takbir sejak malam hingga Subuh, dan pagi ini kita bersujud memohon rida Ilahi. Semoga kita dapat terus mensyukuri nikmat dan diberikan keberkahan dari Allah,” tambahnya.

Gubernur Anies juga berharap semua pihak untuk terus berupaya agar pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga mampu meruntuhkan halangan yang memisahkan selama ini.  “Kita jadikan perjalanan selama Covid-19 sebagai pengalaman. Kita belajar bahwa betapa berharganya suatu kebersamaan, keberkahan dari silaturahmi secara tatap muka, dan menjadi introspeksi untuk menjadi generasi umat yang lebih baik,” pungkas Gubernur Anies.

Selain KH. Cholil Nafis sebagai khatib,  Imam shalat Id hari ini adalah Heri Kuswanto (Juara MTQ Nasional Tilawah Dewasa Putra).  Pelaksanaan shalat Id di JIS kali juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Anggota DPR RI, Ahmad Sahroni, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani dan M. Taufik, serta pakar telematika, Roy Suryo.

Menariknya, perilaku tertib dan disiplin terlaksana dengan baik kepada jamaah shalat Idul Fitri. ”Tak bosan berlatih melalui beragam kegiatan agar menjadi biasa dengan tata kelola terbaik pengelolaan dan pelayanan. Terima kasih kepada banyak pihak yang mengupayakan secara kolektif dan kolaboratif semua penyelenggaraan kegiatan bertempat di Jakarta International Stadium berlangsung,” tulis akun @jakintstadium.*

Rep: Ahmad
Sumber : www.hidayatullah.com