Gelar Demo Hari Ini di Patung Kuda, BEM UI Bawa 7 Tuntutan Termasuk Tolak Tiga Periode

Iklan Semua Halaman

Gelar Demo Hari Ini di Patung Kuda, BEM UI Bawa 7 Tuntutan Termasuk Tolak Tiga Periode

Mahmud Thorif
Kamis, 21 April 2022


Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar aksi demo dan unjuk rasa di Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/4) hari ini. BEM UI membawa 7 tuntutan termasuk menolak tiga periode masa jabatan presiden.

Melalui unggahan di akun Twitter resmi @BEMUI_Official, BEM UI turut mengajak masyarakat bergabung dalam aksi demo di Patung Kuda itu.

Demonstrasi rencananya digelar mulai pukul 08.00 WIB. Didahului dengan berkumpul di Lapangan FISIP UI. Massa membawa tujuh tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi.

Adapun ketujuh tuntutan itu di antaranya terkait polemik perpanjangan masa jabatan presiden sebagaimana disampaikan oleh empat menteri yang mereka anggap penjahat konstitusi.

BEM UI juga akan membawa tuntutan perihal isu kenaikan sejumlah bahan pokok, ketimpangan ekonomi, tata kelola pemerintahan yang semrawut, hingga kasus-kasus penyerangan terhadap masyarakat sipil.

“Bersama kita jaga konstitusi dan mengkritisi kondisi negara dengan menyuarakan tujuh tuntutan rakyat yang akan dibawa melalui aksi massa,” tulis BEM UI lewat Twitter.

Pada 11 April lalu, mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI lebih dulu menggelar demonstrasi di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Mereka berunjuk rasa menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Selain itu, mahasiswa meminta pemerintah mengkaji ulang pasal bermasalah dalam Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN), menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok, mengusut mafia minyak goreng, dan menyelesaikan konflik agraria.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com