Persiapan Menyambut Ramadhan


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim. Pasalnya pada bulan Ramadhan, amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Nah, agar semakin membawa berkah, sebaiknya Anda melakukan persiapan menyambut Ramadhan seperti berikut!

10 Persiapan Menyambut Ramadhan

Bulan suci Ramadhan terkenal sebagai bulan yang penuh berkah dengan didalamnya banyak amalan yang dilakukan umat muslim. Tidak heran jika umat muslim berlomba-lomba memperbanyak amalan karena pahala yang diberikan berlipat ganda.

Selain ibadah puasa wajib, terdapat berbagai amalan yang dapat Anda tunaikan di bulan Ramadhan. Untuk itu, agar semakin maksimal, Anda juga perlu persiapan yang lebih matang dalam menyambut Ramadhan tahun ini.

1. Persiapan Fisik

Menjaga kesehatan apalagi masih dalam masa pandemi Covid-19 sudah menjadi kewajiban bagi kita, sehubungan juga dengan akan hadirnya bulan Ramadhan. Untuk menjalankan puasa satu bulan penuh, tentu Anda harus memiliki kesehatan fisik yang prima.

Memiliki kondisi fisik yang prima dapat mendorong Anda untuk beribadah secara maksimal. Bayangkan ketika Anda harus menjalani puasa dalam kondisi kurang sehat, tentu puasa kurang berjalan lancar.

Jaga kondisi fisik mulai dari sekarang. Caranya bisa dengan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi vitamin, rajin berolahraga, mengurangi kebiasaan begadang, dan sebagainya.

2. Menguatkan Iman

Sebagai persiapan menyambut Ramadhan, sudah semestinya untuk memperkuat keimanan. Contoh nyatanya ialah dengan memperbaiki dan melatih kebiasaan baik sehari-hari.

Misalnya dengan memperbaiki sholat jika masih belum ditunaikan dengan sempurna. Anda juga dapat mulai menambah amalan seperti membaca Al-Qur’an dan berdzikir pada waktu pagi dan petang.

Saat sudah terbiasa dengan amalan tersebut, tentu Anda menjadi  lebih bersemangat menyambut Ramadhan. Amalan untuk memperkuat iman seperti itu dapat mendorong Anda untuk lebih giat beribadah, apalagi pahalanya dilipatgandakan.

3. Memperdalam Ilmu Agama

Selalu ada kesempatan untuk belajar. Salah satu persiapan menyambut Ramadhan yang penting adalah memperdalam ilmu agama. Jika saat ini Anda masih kurang mengerti ibadah apa saja yang bisa dikerjakan saat bulan Ramadhan, belajarlah mulai dari sekarang.

Perdalam pengetahuan mengenai hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan karena menambah pahala dan memahami hal-hal yang sebaiknya dihindari agar puasa dan ibadah lainnya berjalan sempurna.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mendalami tata cara beribadah yang benar. Hal ini berguna agar dapat menunaikan ibadah dengan pahala penuh. Cobalah mengikuti forum keagamaan untuk mendapatkan pengetahuan semacam ini.

4. Persiapan Materi

Saat Ramadhan adalah hal yang lumrah jika harga barang kebutuhan sehari-hari melonjak. Untuk itu, persiapan materi wajib Anda lakukan mulai dari sekarang.

Caranya dengan mengelola keuangan agar lebih sehat. Catatlah jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulan. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian kecil pendapatan untuk digunakan sebagai dana darurat. Jika masih lebih, Anda bisa menabung uang tersebut.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mendalami tata cara beribadah yang benar. Hal ini berguna agar dapat menunaikan ibadah dengan pahala penuh. Cobalah mengikuti forum keagamaan untuk mendapatkan pengetahuan semacam ini.

4. Persiapan Materi

Saat Ramadhan adalah hal yang lumrah jika harga barang kebutuhan sehari-hari melonjak. Untuk itu, persiapan materi wajib Anda lakukan mulai dari sekarang.

Caranya dengan mengelola keuangan agar lebih sehat. Catatlah jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulan. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian kecil pendapatan untuk digunakan sebagai dana darurat. Jika masih lebih, Anda bisa menabung uang tersebut.

Akan lebih baik lagi jika Anda turut berkontribusi dalam pembersihan mushola atau masjid yang nantinya digunakan untuk tarawih bersama. Lakukan dengan ikhlas dan mengharap ridho dari Allah ya!

7. Banyak Melakukan Perbuatan Baik

Memulai amalan baik dapat Anda lakukan sepanjang hari. Termasuk ketika persiapan menyambut Ramadhan, Anda sangat disarankan untuk banyak melakukan perbuatan baik. Hal ini bisa dilakukan dari manapun, kapan pun, dan kepada siapa saja.

Contoh sederhananya dengan membantu ibu memasak atau membersihkan rumah. Anda dapat melakukan lebih banyak kebaikan yang diarahkan untuk membantu orang lain.

Akan tetapi, jangan pernah lupa untuk baik pada diri sendiri. Misalnya dengan selalu menjaga kesehatan tubuh, mengurangi begadang, dan bersyukur setiap harinya.

8. Mengganti Hutang Puasa Tahun Lalu

Setiap hutang merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Membayar hutang puasa Ramadhan tahun lalu menjadi persiapan menyambut Ramadhan yang tidak boleh terlewatkan.

Hutang puasa Ramadhan sebaiknya segera diganti, jangan sampai bertemu Ramadhan lagi. Jika Anda belum mengganti hutang puasa, hutang puasa itu menjadi dua kali lipat dari jumlah awalnya.

Persiapan penting ini wajib Anda catat ya! Jika merasa lupa apakah sudah membayar hutang puasa atau belum, Anda dapat mengantisipasinya dengan berpuasa saja asalkan belum tiba pada bulan Ramadhan.

9. Menyambut Ramadhan dengan Gembira

Bulan suci Ramadhan harus disambut dengan gembira. Hal ini juga termasuk persiapan menyambut Ramadhan ya! Seperti pada hadits yang diriwayatkan sebagai berikut.

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun.” (Hadits Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadits dari al-Nasa’i).

Ibadah puasa Ramadhan adalah amalan yang istimewa. Sudah semestinya kita menyambut Ramadhan dengan gembira, berharap agar bulan Ramadhan tahun ini dipenuhi berkah dan mendapat rahmat-Nya.

10. Mantapkan Niat

Apapun tindakan yang kita lakukan di dunia tergantung pada niatnya. Termasuk ketika menyambut bulan suci, sebaiknya murnikan niat terlebih dahulu. Renungkan tujuan Ramadhan Anda tahun ini.

Pada umumnya, sebagian besar umat muslim mengupayakan Ramadhan tahun berikutnya harus lebih baik daripada Ramadhan tahun lalu. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan menyempurnakan ibadah wajib, menambah amalan, dan memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah SWT.

Mari bersyukur dan bergembira serta berdoa agar dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Sepuluh persiapan menyambut Ramadhan tersebut dapat Anda praktikkan untuk mendorong ibadah di bulan Ramadhan yang lebih maksimal.

Rep: Admin Hidcom
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "Persiapan Menyambut Ramadhan"

Posting Komentar