Pemerintah: Kami Butuh Kritik yang Pedas dan Keras

Iklan Semua Halaman

Pemerintah: Kami Butuh Kritik yang Pedas dan Keras

Mahmud Thorif
Selasa, 09 Februari 2021


www.hidayatullahsleman.org | Memperingati Hari Pers Nasional, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan jika Pemerintah akan menjaga kebebasan pers yang sudah ada. Bagi Pemerintah, kritik saran itu seumpama jamu yang hanya menguatkan pemerintahan.

“Bagi Pemerintah, kebebasan pers adalah sesuatu yang wajib dijaga, dan bagi pemerintah kebebasan pers, kritik, saran, masukan itu seperti jamu, menguatkan Pemerintah,” kata Pramono Anung melalui siaran YouTube milik Sekretariat Kabinet, Selasa (09/02/2021).

“Kita memerlukan kritik yang terbuka, kritik yang pedas, kritik yang keras karena dengan kritik itulah pemerintah akan membangun dengan lebih terarah dan lebih benar,” lanjutnya.

Baca: ‘Harus Dibedakan, Antara Mengkritik Penguasa dan Menyebarkan Hoax’

Pramono menyebut, dalam UU Nomor 40 tahun 1999 telah diatur bahwa kebebasan pers harus dijaga bersama. Tidak hanya itu, menurutnya kebebasan pers bagian dari tiang utama demokrasi, dengan begitu, ia meyakini pers berperan penting dalam pembangunan.

Lebih lanjut, Pramono mengatakan fungsi pengawasan oleh pers bisa mengantarkan Indonesia jadi lebih maju. “Kita meyakini dengan adanya fungsi kontrol ini maka pemerintah dan juga masyarakat akan semakin baik dalam kehidupannya mengisi ruang-ruang demokrasi,” ujarnya.

Untuk itu, Pramono berpesan agar pers selalu melakukan pengawasan terhadap kebijakan pemerintah. Ia juga berpesan agar pers Indonesia selalu menjaga integritas. “Pers yang berintegritas adalah satu syarat mutlak menjadikan bangsa ini bangsa pemenang, bangsa petarung, bangsa yang menjadi bangsa besar,” jelasnya.

Baca: Anies: Saya Tak Pernah Tangkap Orang yang Kritik Saya

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo meminta masyarakat lebih aktif menyampaikan kritik terhadap kinerja pemerintah. Dia juga meminta pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin pelayanan publik semakin baik di masa mendatang. Dia pun berharap seluruh pihak ikut ambil bagian dalam mewujudkannya.* Azim Arrasyid

Sumber : www.hidayatullah.com