LPMQ Perbaharui Aplikasi Quran Kemenag, Dilengkapi Fitur-fitur Baru ini

Iklan Semua Halaman

LPMQ Perbaharui Aplikasi Quran Kemenag, Dilengkapi Fitur-fitur Baru ini

Mahmud Thorif
Senin, 25 Januari 2021


www.hidayatullahsleman.orgLajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) melakukan pembaharuan (update) aplikasi Quran Kemenag. Kini, masyarakat bisa berbagai ayat dan terjemahnya dengan tampilan yang lebih menarik. Kepala LPMQ Muchlis M Hanafi mengatakan, aplikasi itu akan dirilis pada Rabu besok (27/01/2021) oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag.

“Alhamdulillah, update aplikasi Quran Kemenag hadir dengan tampilan yang lebih menarik,” terang di Jakarta dalam keterangannya pada Selasa (26/01/2021). “Bersamaan itu, akan dirilis juga Quran Kemenag in Ms Word dengan penambahan Terjemahan Al-Qur’an edisi 2019,” sambung Muchlis.

Terdapat beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Quran Kemenag versi terbaru. Pertama, ada pilihan membaca dengan model per halaman atau per ayat. Kedua, ada layanan pencarian kata, baik dalam ayat (mufrodat), maupun dalam terjemah dan tafsirnya.

“Fitur lainnya adalah keterangan asbabun nuzul pada ayat-ayat yang memiliki sebab turunnya,” ujar Muchlis.

Aplikasi baru ini pun menyediakan pilihan terjemah Al-Quran untuk dua edisi, yaitu edisi 2002 dan 2019 yang menjadi edisi penyempurnaan disertai catatan kakinya. Selain itu, ada pilihan audio murottal oleh sejumlah syeikh ternama. Ada juga menu penyimpanan bookmark Qur’an per halaman dan per ayat yang bisa digunakan sebagai penanda akhir bacaan.

“Aplikasi ini juga menyediakan menu petunjuk waktu shalat disertai audio adzan dan pengingat sebelum tiba waktu shalat. Termasuk juga petunjuk arah kiblat,” tuturnya.

Pilihan menu lainnya adalah video-video publikasi LPMQ Channel dan daftar tautan layanan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. “Kami hadirkan juga scan tanda tashih untuk menelusuri semua informasi terkait Mushaf Al-Qur’an,” urainya.

Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore. Masyarakat dapat mengunduh atau meng-update-nya dengan mengetik Quran Kemenag atau klik tautan ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quran.kemenag.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sumber : www.hidayatullah.com