Megawati Soroti Sejumlah Fenomena, Sebut Bingung Ibu-ibu Antre Minyak Goreng Tapi Bisa Beli Baju Baru

Iklan Semua Halaman

Megawati Soroti Sejumlah Fenomena, Sebut Bingung Ibu-ibu Antre Minyak Goreng Tapi Bisa Beli Baju Baru

Mahmud Thorif
Kamis, 21 April 2022


Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyoroti sejumlah fenomena di masyarakat yang menurutnya mengherankan. Megawati menyoroti ibu-ibu yang bisa beli baju baru namun masih antre minyak goreng hingga demonstrasi mahasiswa.

Mega yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), awalnya membahas kabar ekonomi Indonesia yang mengalami depresi. Megawati mempertanyakan ada orang yang kesulitan membeli minyak goreng, tetapi belanja baju baru dan pakaian Lebaran.

“Saya lihat di pasar-pasar, akibat dilepas aturan PPKM, ibu-ibu berbondong-bondong beli baju baru dan sebagainya, tetapi di satu sisi yang buat saya bingung mereka antre minyak goreng,” kata Mega dalam acara yang digelar BRIN secara virtual, Rabu (20/4/2022).

Menurut Megawati, fenomena ibu-ibu ini perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui kondisi perekonomian Indonesia yang sebenarnya.

Karena itu, Megawati menilai peran Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) menjadi penting untuk memotret fenomena-fenomena sejenis yang terjadi di daerah. Dengan demikian, ia berharap setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah atau pemda menjadi lebih terukur.

“Ini harus diriset, mengapa? Apakah benar kita jatuh ke arah depresi?” ujar Megawati.

Megawati mengaku pernah dimintai pandangannya ketika terjadi pandemi oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait hal tersebut.

Megawati melanjutkan, saat itu dirinya langsung meyakinkan kepada Jokowi bahwa Indonesia pasti mampu bangkit.

Hal itu berkaca pada pengalamannya saat menjabat sebagai presiden pada tahun 2001-2004 dan dihadapkan pada kondisi krisis moneter.

“Saya bilang jangan takut, saya sudah menghadapi krisis global keuangan, dan kita Indonesia survive,” ujarnya.

Kemudian, ia menyindir aksi unjuk rasa yang dimotori mahasiswa. Dia melemparkan sindiran itu saat berbicara tentang politik.

Ketua Umum PDIP menyampaikan ketidaksepakatan terhadap demonstrasi. Dia menyebut generasi muda saat ini terlalu suka berdemonstrasi.

“Coba, belum apa-apa saja sudah, aduh, demo-demo. Saya tuh pikir anak sekarang nih ngerti opo enggak tho yo?” ucap Mega.

Megawati juga mempertanyakan visi Indonesia Emas 2045 kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, pembangunan saat ini belum sepenuhnya mengarah pada visi itu.

Mega pun menyindir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tentang pemekaran daerah. Dia menyebut pemekaran tak dibarengi pertumbuhan ekonomi daerah baru.

“Pak Tito, mohon maaf, saya melihat adanya seperti stagnansi atau kebingungan bagaimana membangkitkan potensi daerah pada daerah mereka yang sudah berani sampai terjadinya pemekaran,” ucap Mega.*

Rep: Fida A.
Sumber : www.hidayatullah.com