Singapura dan Malaysia Berpuasa Ramadhan Mulai Ahad 3 April 2022


Umat ​​Islam di Singapura dan Malaysia akan memulai puasa di bulan suci Ramadhan pada hari Ahad 3 April.  

Dilansir CNA, Mufti Singapura mengatakan bahwa menurut perhitungan astronomi, bulan sabit untuk bulan Ramadhan tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura saat matahari terbenam pada Jumat malam (1/4/2022).

“Artinya besok (Sabtu) adalah tanggal 30 bulan Syaaban. Oleh karena itu, saya dengan senang hati menyatakan bahwa awal Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022,” kata Mufti Singapura Dr Nazirudin Mohd Nasir.

Dia berharap semua Muslim di Singapura mendapatkan pengalaman puasa yang bermakna pada bulan Ramadhan kali ini.

“Semoga bulan yang penuh berkah ini membentuk kita menjadi Muslim yang sukses di dunia ini, dan semoga Allah melimpahkan berkahnya kepada kita di akhirat,” ujarnya.

Sementara itu di negeri jiran Malaysia, pejabat istana kerajaan Penyimpan Mohor Besar Raja-Raja Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad mengumumkan rakyat Malaysia akan mulai berpuasa Ramadhan pada hari Ahad 3 April.

Juru bicara istana itu mengatakan bahwa tanggal tersebut telah ditetapkan oleh Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah setelah disetujui oleh para penguasa di seluruh negeri.

Pengumuman itu disiarkan langsung di Radio Televisyen Malaysia (RTM) malam ini, Jumat (1/4/2022), lansir Bernama.

Dalam pengumuman sebelumnya, kantor Penyimpan Mohor Besar Raja-Raja mengatakan bahwa anak bulan akan dipantau pada tanggal 1 April guna menetapkan awal Ramadhan di Malaysia.

Pemantauan hilal dilakukan di 29 lokasi di seluruh penjuru Malaysia, termasuk di Pontian Kecil, Johor dan Falak Al-Khawarizmi Complex di Kampung Balik Batu, Tanjung Bidara, Melaka.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "Singapura dan Malaysia Berpuasa Ramadhan Mulai Ahad 3 April 2022"

Posting Komentar