Sabtu 2 April 2022 Awal Ramadhan di Australia, Uni Eropa dan Kanada


Imam Council of South Australia mengumumkan lewat laman Facebook bahwa bulan sabit Ramadhan sudah terlihat pada hari Jumat (1/4/2022), sehingga warga Muslim di wilayah bagian selatan Australia itu akan mulai berpuasa pada hari Sabtu tanggal 2 April. Demikian pula Muslim di Uni eropa dan Kanada.

Di Mesir, otoritas setempat juga mengumumkan bahwa puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini dimulai pada hari Sabtu 2 April, lansir Khaleej Times.

General Secretariat of the European Council for Fatwa and Research mengatakan 1 Ramadhan 1443 H bertepatan dengan hari Sabtu 2 April 2022.

Di dalam pernyataannya, dewan itu mengatakan “perhitungan astronomi yang akurat untuk bulan sabit di bulan Ramadhan” menegaskan bahwa bulan sabit akan mungkin terlihat dengan teleskop di bagian barat Afrika dan Amerika setelah matahari terbenam pada hari ke-29 bulan Syaban atau Jumat tanggal 1 April.

Dewan itu menggarisbawahi bahwa perhitungannya didasarkan pada beberapa kriteria, termasuk konfirmasi dari International Jurisprudence Council, serta komite-komite lain seperti dalam pertemuan pertama Unified Hijri Calendar yang digelar di Istanbul, Turkiye, belum lama ini.

Muslim Theological Council of France memperkirakan awal Ramadhan tahun ini bertepatan dengan 2 April dan tanggal 2 Mei merupakan 1 Syawal.

The Islamic Relief dan Islamic Relief Canada berpendapat Ramadhan dimulai pada 2 April dan Idul Fitri akan dirayakan pada 2 Mei atau 3 Mei, lansir Morocco World News.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "Sabtu 2 April 2022 Awal Ramadhan di Australia, Uni Eropa dan Kanada"

Posting Komentar