Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443H Jatuh pada 3 April 2022

Iklan Semua Halaman

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443H Jatuh pada 3 April 2022

Mahmud Thorif
Jumat, 01 April 2022


Pemerintah melalui Kementerian Agama barusan menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta.

“Secara mufakat, 1 Ramadhan 1443 jatuh pada Ahad 3 April 2022 masehi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (01/04/2022).

Menag pun berharap dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah puasa bersama-sama.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, sidang secara luring digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebagian peserta lainnya berpartisipasi daring melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

Sidang isbat melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Kemenag juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir pada sidang isbat.

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com