Jelang Penentuan 1 Ramadan 1443 H, Begini Tahapan Sidang Isbat yang Digelar Hari Ini

Iklan Semua Halaman

Jelang Penentuan 1 Ramadan 1443 H, Begini Tahapan Sidang Isbat yang Digelar Hari Ini

Mahmud Thorif
Jumat, 01 April 2022


Jelang penentuan penentuan 1 Ramadan 1443 Hijriah, Kementerian Agama (Kemenag) mengungkap akan segera menggelar sidang isbat. Kemenag pun menjelaskan tahapan sidang isbat yang akan digelar hari ini.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat akan digelar secara langsung di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2022). Dia mengatakan sebagian peserta akan mengikuti sidang isbat secara virtual.

Sidang isbat tersebut digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Dia mengatakan sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat hingga perwakilan ormas-ormas Islam. Sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1443 H ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang sekarang tegabung dalam BRIN, BMKG serta undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” ujar Kamaruddin dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

Sidang isbat ini bakal dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama berisi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan itu dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini akan akan disiarkan langsung.

Tahap kedua adalah pelaksanaan Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah. Sidang bakal digelar secara tertutup setelah salat Magrib.

Selain data hisab, sidang isbat akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung,” ujarnya.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com