Kaji Fikih Imam Bukhari, Mahasiswa Magister Asal Indonesia Raih Cumlaude di Mesir


Mahasiswa Indonesia asal Jombang, Thoriq, LC, hari Sabtu, (8/3/2022) berhasil meraih gelar magister studi di Al Ma’had Al Aly li Ad Dirasat Al Islamiyah (Higher Institute of Islamic Studies IISS) Mesir. Pria yang juga pembina Himpunan Mahasiswa Hidayatullah Mesir (HIMAYAH) tersebut berhasil lulus dengan predikat cumlaude alias mumtaz.

Ia berhasil mempertahankan sidang tesis dengan judul; “Fikih Imam Bukhori dalam Ijārah, Hawālah, Kafālah dan Wakālah dalam Shohihnya (Studi Perbandingan dengan Madzhab Empat).”


Tesis ini berkaitan langsung dengan hadits dan fikih perbandingan madzhab tersebut dibawah bimbingan dua ulama besar.  Pembimbing pertama adalah Syeikh Rif’at Fauzi, pakar hadits senior, Doktor lulusan Universitas Kairo.

Sedang pembimbing kedua adalah Syeikh Abdul Maugud Lasyin, pakar perbandingan madzhab di Universitas Al-Azhar, Kairo.

Pembimbing tesis sebelumnya asalah Syeikh Sa’ad Sa’ad Jawisy, seorang pakar hadits senior Al-Azhar. Namun pada akhir tahun 2019 anggota ulama senior Al-Azhar tersebut wafat, dan akhirnya digantikan oleh Syeikh Rif’at Fauzi.

Saat ditanyakan apa prioritasnya usai lulus dari ujian tesis, suami Ninik Srihartini ini mengatakan akan menyebarkan ilmu yang didapatkan dengan mengajar dan kembali menulis di media. “Seperti yang saat ini dilakukan, menyebarkan ilmu para ulama melalui tulisan, ke depan pun demikian,” katanya.*/Dzulfikar (Kairo)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "Kaji Fikih Imam Bukhari, Mahasiswa Magister Asal Indonesia Raih Cumlaude di Mesir"

Posting Komentar