5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai bulan Ramadhan


Setiap keluarga memiliki cara yang unik dan indah untuk belajar dan meneruskan tradisi. Berikut adalah lima tips dan cara yang mungkin berguna bagi Anda saat mendidik dan mengajari anak Anda agar mencintai Ramadhan dan Islam.

1. Bangun kebiasaan atau rutinitas melakukan perbuatan baik setiap hari di bulan Ramadhan

Anak-anak tidak pernah terlalu muda untuk belajar! Ada satu ide yang kami sukai dari multiculturalkidblogs yaitu toples “Perbuatan Baik” yang harus diisi setiap hari di bulan Ramadhan.

Buat toples khusus (kreativitas Anda akan diuji disini) bersama anak Anda, buat 30 potongan kertas dan tuliskan perbuatan baik bersama anak Anda sehingga mereka merasa memiliki dan terlibat. Sehari sekali, ambil satu kertas. Ajak anak untuk melakukan perbuatan baik yang tertulis di kertas tersebut.

2. Belajar dengan dongeng

Dongeng menjadi salah satu cara yang bagus untuk mengajar, di saat yang sama, dan bersenang-senang. Banyak kisah Islam hebat yang dapat Anda ceritakan kepada anak Anda, mulai dari kisah Rasulullah hingga kisah tentang Ramadhan itu sendiri, contohnya:

-Kisah tentang bagaimana Al-Qur’an diturunkan
-Kemenangan Pertempuran Badr
-Pembebasan kota Mekkah
-Kisah Salahuddin Al-Ayyubi
-Dan Kisah-kisah dalam al-Qur’an atau Siroh Nabi 

3. Membangun hubungan yang lebih dekat dengan Allah

Doa adalah salah satu cara terbaik bagi kita untuk membangun kedetangan dengan Allah. Manfaatkan kesempatan di bulan Ramadhan ini untuk membangun kebiasaan berdoa.

Buat jurnal doa Ramadhan bersama anak Anda. Setiap hari, tanyakan kepada anak apa yang mereka suka, apa yang mereka keluhkan, dan bisa pula doa apa yang mereka buat untuk orang lain.

Dengan melakukan ini, Anda membangun kebiasaan untuk anak Anda, serta mengingatkan mereka bahwa mereka dapat berpaling kepada Allah untuk apapun.

‍4. Ajak teman anak buka puasa bersama

Jujur saja, bagi sebagian dari kita, Ramadhan juga tentang makanan spesial dan makan bersama. Buat hidangan favorit anak, dan undang teman-teman anak untuk berbuka puasa atau makan bersama.

Pastikan anak tahu bahwa bersikap baik kepada semua orang adalah tanggung jawab kita di bulan Ramadhan, maupun di setiap saat. Biarkan anak Anda merasakan kebanggaan tentang Ramadhan dan bagaimana hal itu membuatnya lebih dekat dengan teman-teman mereka.

5. Bersedekah dan berzakat

Ramadhan mengingatkan kita pada kesulitan dan perjuangan yang orang kurang mampu rasakan. Ajarkan anak Anda tentang sedekah dan bicarakan apa yang ingin mereka berikan atau sumbangkan kepada orang-orang yang tidak mampu.

Semoga di bulan Ramadhan kali ini Anda bisa semakin dekat dengan anak Anda, atau orang yang Anda cintai.*

Selain 5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Ramadhan, baca artikel parenting lain DI SINI

Disadur dari Ilmfeed

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai bulan Ramadhan"

Posting Komentar