Izin Cuti hingga 4 Juni, Ridwan Kamil Ingin Pantau Pencarian Eril di Swiss

Iklan Semua Halaman

Izin Cuti hingga 4 Juni, Ridwan Kamil Ingin Pantau Pencarian Eril di Swiss

Mahmud Thorif
Senin, 30 Mei 2022


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) meminta perpanjangan izin cuti demi memantau pencarian anaknya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hilang di Swiss. Izin tersebut diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), berlaku sejak 29 Mei hingga 4 Juni 2022.

“Pemprov Jabar mengambil inisiatif khususnya untuk tanggal 29 Mei-4 Juni untuk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait izin,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmadja dalam konferensi pers virtual, Senin (30/5/2022).

Setiawan mengatakan Kemendagri memberikan izin cuti Ridwan Kamil keluar negeri dengan alasan penting. Selama RK berhalangan, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang menjalankan roda pemerintahan untuk sementara.

“Jadi, kalau kita melihat di sini otomatis jalannya pemerintahan dalam kurun waktu sampai 4 Juni sementara dipimpin bapak wakil gubernur tapi tetap harus berkoordinasi khususnya bertanggung jawab kepada bapak gubernur,” ujarnya.

Lebih lanjut, Setiawan menyebut RK memang tengah dalam perjalanan dinas luar negeri pada 21-28 Mei. Ia menghadiri sejumlah undangan ke Italia dan Inggris. RK langsung terbang Swiss setelah mengetahui anaknya hilang di Sungai Aare.

“Kurun waktu 21-28 Mei, posisinya adalah perjalanan dinas luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemprov Jabar yang mengusulkan izin kepada Kemendagri.

“Kurang lebih dua hari saya ditelepon Kang Emil karena yang berdasarkan ia ketahui bahwa posisi beliau di luar negeri adalah berdinas dan hari Senin sudah harus berdinas di Kota Bandung sebagai gubernur. Sehingga beliau menanyakan apakah ada situasi yang memungkinkan beliau bisa fokus terkait dengan keluarga,” ujar Elpi.

“Dan meminta kami menghubungi pak wagub dan pak sekda, dan sebelum kami menghubungi Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengusulkan (diberi izin). Kang Emil merasa yakin sistem pemerintahan di Jawa Barat tetap berjalan, tetap melayani masyarakat secara optimal dengan berbagai macam situasi yang terjadi,” ujarnya.*

Rep: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com