Gelar Shalat Tarawih Pertama setelah 88 Tahun, Masjid Hagia Sophia Semarak Ceramah


Masjid Agung Hagia Sophia (Ayasofya) di Istanbul akan mengadakan shalat tarawih pertamanya. Shalat tarawih pertama dilakukan dalam 88 tahun, ketika Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) memutuskan membuka kembali masjid di bulan Ramadhan setelah dua tahun terhenti karena untuk pandemi.

Bulan suci Ramadhan akan dimulai pada 2 April (hari Sabtu). Tarawih pertama akan dilakukan di semua masjid di seluruh negeri pada Jumat malam (01/04/2022).

Serangkaian acara juga akan diadakan di masjid untuk menghormati Ramadhan. Khotbah akan diberikan oleh para mufti, ahli hukum Islam, dilakukan sebelum shalat Dhuhur, selama bulan suci umat Islam.

Masjid Agung Hagia Sophia yang terkenal di dunia, yang diubah menjadi museum pada tahun 1934 tetapi mendapatkan kembali statusnya sebagai masjid pada 24 Juli 2020. Dengan penurunan jumlah infeksi Covid-19, Diyanet memutuskan untuk membuka kembali masjid untuk bulan suci, kutip hurriyetdailynews.com.

Selama dua tahun sejak pandemi dimulai, masjid-masjid ditutup untuk beribadah shalat tarawih sebagai bagian dari langkah pencegahan Covid-19.

Dibangun pada tahun 537 sebagai gereja Kristen terbesar di Kekaisaran Romawi timur, Hagia Sophia diubah menjadi masjid pada tahun 1453, setelah penaklukan Istanbul. Pada tahun 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Türkiye dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing.*

Rep: Ahmad
Sumber : www.hidayatullah.com

0 Response to "Gelar Shalat Tarawih Pertama setelah 88 Tahun, Masjid Hagia Sophia Semarak Ceramah"

Posting Komentar